Langsung ke konten utama

Provider yang Anti Ribet

Ceritanya, saya sering sekali mendapatkan sms spam. Sampai akhirnya awal Juni lalu, saya memutuskan untuk mengganti sim card. Saya memang memiliki dua sim card, satu nomor pascabayar yang sudah saya pakai sejak 15 tahun yang lalu, sedangkan satu nomor lagi prabayar yang memang saya sering gonta-ganti. Dari berbagai macam provider yang ada sudah pernah saya coba. Namun, karena memang bukan nomor utama jadi saya lebih suka menggonta-gantinya dengan tujuan mencari paket internet yang murah meriah dengan signal bagus. Ditambah pula dengan seringnya mendapatkan sms spam ini, membuat saya kemudian mencari-cari kembali provider baru yang tepat. Teman sekantor saya sempat menawari satu provider yang asing bagi saya. Awalnya karena ragu dengan provider ini, saya mulai mencari-cari info tentang provider baru tersebut. Melalui  salah satu situs internet terkenal , saya mendapatkan review bagus tentang provider baru tersebut. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk membeli sim card dari provider ter

Ruang yang Terbentuk dari Dua Kebudayaan

Pengertian Ruang
Ruang atau disebut dengan space dalam bahasa Inggris berakar dari istilah sptium yang menjadi espace dalam bahasa Perancis, spazio dalam bahasa Italia, dan espacio dalam bahasa Spanyol. (van de ven, 1991)


Lao Tzu mengatakan yang tidak nyata justru menjadi hakikatnya, dan dinyatakan dalam bentuk materi.
Di dalam pemikiran timur konsep ruang berasal dari suatu kekosongan dan sesuatu yang terlihat namun terasa keberadaannya.
Terdapat tiga tingkatan klasifikasi ruang menurut Lao Tzu, yakni
1) Ruang yang dihasilkan dari penggabungan tectonic, yaitu ruang yang diakibatkan oleh struktur yang terdiri dari berbagai unsur-unsur kecil, balok, usuk, kolom, dan sebagainya.
2) Ruang yang dihasilkan dari bentuk stereotomic, yaitu bentuk yang didapat dari elemen lentur/plastic.
3) Ruang yang menghubungkan ruang dalam dan ruang luar. (Van de Ven, 1991)

Sedangkan menurut Plato yang benar-benar ada hanyalah yang terlihat dan teraba.
Di dalam pemikiran barat Arsitoteles mengemukakan pendapatnya setelah Plato mengatakan bahwa ruang merupakan suatu yang terukur dan terlihat jelas, dibatasi oleh kejelasan fisik, sehingga dipahami keberadaannya dengan jelas dan mudah. (Van de Ven, 1991)

Menurut Mangunwijya, (1992) wastu dalam arti yang utuh adalah dengan mempelajai seni gatra dan seni ruang. Karena ruang barulah ruang apabila mendapakan batas-batasnya.
Ruang tidak memiliki batas hanya angkasa raya, batas ruang adalah bidang-bidang. Bidang-badang inilah selaku gatra-gatra yang dinding luarnya selalu merupakan bidang-bidang.

Ruang dapat dibedakan menjadi dua Room dan Space. (Catatan Kuliah Metoda Perancangan 17 September)

Room yang dalam bahasa Belanda disebut rumite dan Raum di bahasa Jerman memiliki arti ruang . Ruang dalam konteks ini mencerminkan bidang batas yang lebih ketat. (Van de Ven,1991)



Gereja Blenduk dan Klenteng Samm Poo Kong
Saya mengambil contoh Gereja Blenduk dan Klenteng Sam Poo Kong di Semarang.
Gereja Blenduk dan Klenteng Sam Poo Kong merupakan contoh arsitektur luar yang masuk ke Indonesia. Keduanya mewakili kebudayaannya baik Barat maupun Timur. Keduanya pula difungsikan menjadi suatu tempat beribadah.
Mewakili pandangan dan juga definisi peruangan tersendiri.


Seperti definisi ruang diatas. Kebudayaan barat memilih membuat peruangan yang jelas. Dibatasi dengan kejelasan fisik. Pemisahan ruang yang dilakukan dengan pembagian ruang termasuk ruang dalam dan luar menggunakan dinding-dinding, jendela dan pintu.
Dimana dalam arsitektur Barat lebih banyak menggunakan tatanan masa. Terlihat pada gambar tersebut. Mereka lebih banyak menggunakan tatanan masa.

Dalam Gereja ini lebih banyak membentuk room. Karena pemisahan dan batas-batasnya lebih jelas dan dapat dilihat.



Namun di Klenteng dapat dilliat cara berbeda dalam pembentukan ruangnya.
Mereka mengemukakan aspek religinya bahwa setapak demi setapak, tepatnya halaman demi halaman sehingga datang menuju kehadirat Yang Terjunjung Tinggi (Mangunwijaya,1992).
Mereka lebih banyak menggunakan tata ruang. Dan juga tidak terpisahkan dengan alam. Klenteng ini dibangun di belakang bukit, dimana keinginan untuk menjadikan alam sebagai sesuatu yang selaras dengannya.
Aspek hirarkis kebudayaan Cina juga terasa dalam Klenteng tersebut. Yang paling tinggi menjadi yang paling belakang. Diawali dengan Gerbang dan Gerbang lainnya menutup lembaran langkah tersebut.
Tidak harus menggunakan dinding dalam pemisah ruang. Dalam Klenteng ini lebih banyak mengggunakan tingkatan hirarkis tersebut dalam membuat ruangnya dan halaman-halaman yang luas.
Disini ruang mengikuti klasifikasi ruang Lao Tzu dimana
1. Ruang dihasilkan dari penggabungan unsur-unsur kecil seperti kolom dan balok. Bagaimana kolom dan balok tersebut membentuk ruang.

2. Ruang terbentuk pula dari unsur lentur. Dalam Klenteng ini atapnya dibuat lentur.


3. Ruang yang menghubungkan ruang dalam dan luar.





Kesimpulan
Cara pembentukan ruang dapat bermacam-macam. Ada banyak cara dalam pembentukan ruang. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh kebudayaan masing-masing.
Dalam Gereja Blenduk lebih banyak pembentukan Room dengan batasan-batasan yang jelas. Sedangkan di Klenteng cara pemisahan ruang menjadi lebih bervariasi.
Sifat simbolis rumah merupkan fakta bahwa banyak pendatang membawa arsitektur kampung halaman mereka dan menerapkannya di daerah baru.


Demikianlah sedikit dari beberapa yang dapat saya pelejari.

^_^; ….






Referensi

Mangunwijaya, Y.B. (1992). Wastucitra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Van de Ven, C. (1991). Ruang dalam arsitektur. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Provider yang Anti Ribet

Ceritanya, saya sering sekali mendapatkan sms spam. Sampai akhirnya awal Juni lalu, saya memutuskan untuk mengganti sim card. Saya memang memiliki dua sim card, satu nomor pascabayar yang sudah saya pakai sejak 15 tahun yang lalu, sedangkan satu nomor lagi prabayar yang memang saya sering gonta-ganti. Dari berbagai macam provider yang ada sudah pernah saya coba. Namun, karena memang bukan nomor utama jadi saya lebih suka menggonta-gantinya dengan tujuan mencari paket internet yang murah meriah dengan signal bagus. Ditambah pula dengan seringnya mendapatkan sms spam ini, membuat saya kemudian mencari-cari kembali provider baru yang tepat. Teman sekantor saya sempat menawari satu provider yang asing bagi saya. Awalnya karena ragu dengan provider ini, saya mulai mencari-cari info tentang provider baru tersebut. Melalui  salah satu situs internet terkenal , saya mendapatkan review bagus tentang provider baru tersebut. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk membeli sim card dari provider ter

Budgeting Keperluan Bahan Makanan dengan Yummy App

Sebagai anak kos yang memiliki budget pas-pasan, memasak sendiri menjadi pilihan utama untuk menghindari pengeluaran yang berlebih. Apalagi di tengah pandemi sekarang ini. Memasak sendiri dirasa jauh lebih sehat, bersih dan aman daripada mengkonsumsi makanan dari luar. Namun, terkadang sering kali kita kehabisan ide untuk memasak yang sesuai dengan budget kita. Beruntungnya, sekarang ada yang aplikasi yang menyediakan resep makanan yang sangat lengkap. Nama aplikasinya adalah Y ummy App .