Langsung ke konten utama

Provider yang Anti Ribet

Ceritanya, saya sering sekali mendapatkan sms spam. Sampai akhirnya awal Juni lalu, saya memutuskan untuk mengganti sim card. Saya memang memiliki dua sim card, satu nomor pascabayar yang sudah saya pakai sejak 15 tahun yang lalu, sedangkan satu nomor lagi prabayar yang memang saya sering gonta-ganti. Dari berbagai macam provider yang ada sudah pernah saya coba. Namun, karena memang bukan nomor utama jadi saya lebih suka menggonta-gantinya dengan tujuan mencari paket internet yang murah meriah dengan signal bagus. Ditambah pula dengan seringnya mendapatkan sms spam ini, membuat saya kemudian mencari-cari kembali provider baru yang tepat. Teman sekantor saya sempat menawari satu provider yang asing bagi saya. Awalnya karena ragu dengan provider ini, saya mulai mencari-cari info tentang provider baru tersebut. Melalui  salah satu situs internet terkenal , saya mendapatkan review bagus tentang provider baru tersebut. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk membeli sim card dari provider ter

Pembentukan Ruang Negatif atau Ruang Sisa

Pengertian Ruang Sisa
Ruang Sisa atau Ruang Negatif adalah ruang yang terbentuk dengan tidak terencanakan, tidak terlingkup, dan tidak dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan. Misalnya ruang sisa sempit yang terbentuk antara bangunan dengn pagar.
Ruang negatif dan positifnya ruangan tergantung dari orang yang mengamatinya sendiri.
referensi ruang negatif
referensi lainnya bersumber dari sini



Ruang SisaAntara Pos Satpam dan ATM
Ruang sisa ini menarik bagi saya. Karena ruang sisa ini terbentuk dengan diapit antara pos satpam dengan ATM. Apalagi jalur sirkulasi kendaraan hampir selalu melintas di depan ruang sisa ini, sehingga ‘dia’ akan selalu dapat dilihat oleh kendaraan yang melintasinya.


Seperti itu denahnya.
Mari kita bahas pembentukannya
Tadi sudah dipaparkan kalau ruang sisa ini diapit oleh pos satpam dengan ATM.
Mungkin sebelum terbentuknya ATM ruang sisa ini tidak akan berasa kalau ‘dia’ ruang sisa. Namun karena terbentuknya ruang baru yang berfungsi sebagai ATM inilah ‘dia’ akhirnya menjadi ruang sisa.

Lalu muncul pertanyaan saat memutuskan memilih ruang sisa ini.
1.Kenapa ATM tidak dibuat langsung nyambung/menempel dengan dinding pos satpam?
2.Kenapa harus menyisakan ruang berukuran sekitar 2 meter-an ini?

Ruang sisa ini terbentuk karena dinding pos satpam memiliki jendela yang mengarah ke ruang sisa ini. Sehingga mungkin diputuskanlah bahwa sebaiknya ATM tidak langsung nyambung dengan dinding pos satpam ini. Karena kalau nyambung/menempel maka dampaknya jendela pada pos satpam tidak akan dapat terbuka (lingkaran merah).
Ya tentu saja akibatnya menyisakan ruang sisa ini. Yang dibuat seukuran dengan jendela diatasnya (lingkaran kuning).


Ruang sisa inipun dapat difungsikan hanya saja terlalu memaksakan dirinya ketika difungsikan menjadi ini

Saya rasa akan sangat menggangu aktifitas yang berlangsung di dalam ruang ini ketika jendela pos satpam terbuka tentunya. Dan sepertinya aktifitas ini menjadi tersembunyi ‘nyelempet’.
Lalu sebaiknya diapakan atau dibagaimanakan ruang sisa ini?
Menurut saya mungkin lebih baik diberikan tanaman hias saja agar dapat menyamarkan ruang sisa ini.
Alasannya adalah ketika jendela pos satpam terbuka akan dilihatlah tanaman tersebut sebagai pengumpul oksigen juga kan. Sekaligus menambah keindahan. Dan juga menyamarkan bahwa terjadi ruang sisa karena pembentukan fungsi baru.




Kesimpulannya
Ruang sisa dapat terbentuk karena penambahan fungsi yang harus memperhatikan fungsi lainnya yang sudah ada sebelumnya disana.
Demikian sedikit pembelajaran saya mengenai ruang sisa ini.
^_^;;;……

Komentar

  1. hehehe...it sbenernya fto yg d edit aj kok....bkan sketsa asli....hihihih...
    iy bner bnget itu c noph....

    btw, tlisanmu jg bgus kok...ada analisa km sndiri tntang pmbhasan bgmana ruang sisa trsbt dpt tmbul...

    thx y dh ksi comment...

    _anTz sirait_

    BalasHapus
  2. Hiii Rossa,,,
    URL-mu apa sih?
    ntar aku ADD...
    cuma mw bilang,
    settingan blog-mu bagus....

    Jane^^

    BalasHapus
  3. Thx Antii..
    Thx jg Jane.

    Ntar apa bsk ku kirim alamat urlku k blog kamu jane.. Soalnya kalo pake hp-ku ini ribet. Lama2 'jebol' jg ni hp hehe...

    Oya kalo mau, isi di just chat ku aja... Kalo disini takutny jd out of topic (sbnernya promosi shoutboxku lho) ^^;

    BalasHapus
  4. OK2..
    thanks buat komenttarnya..
    duh kenapa gak bilang dari kmarin sebelum tulisannya di posting?
    kan bisa nambah inspirasi...
    aku juga kurang tau kalo ruang tsb berfungsi.
    setahuku sih sperti yg ada di tulisanku...
    ya,,,,
    brarti aku telah melakukan kesalahan besar,
    melumpuhkan ruang yang masih berfungsi..
    hahahahahhaaa....
    gak apa2 Ross,,
    selama komentarnya bisa membangun,
    silahkan di komentari...
    kita sama2 belajar....
    OK?!
    ditunggu komentarnya untuk tulisanku yg lain...

    BalasHapus

Posting Komentar

hallo terima kasih ya... udah mau ngasih komentar...

Postingan populer dari blog ini

Provider yang Anti Ribet

Ceritanya, saya sering sekali mendapatkan sms spam. Sampai akhirnya awal Juni lalu, saya memutuskan untuk mengganti sim card. Saya memang memiliki dua sim card, satu nomor pascabayar yang sudah saya pakai sejak 15 tahun yang lalu, sedangkan satu nomor lagi prabayar yang memang saya sering gonta-ganti. Dari berbagai macam provider yang ada sudah pernah saya coba. Namun, karena memang bukan nomor utama jadi saya lebih suka menggonta-gantinya dengan tujuan mencari paket internet yang murah meriah dengan signal bagus. Ditambah pula dengan seringnya mendapatkan sms spam ini, membuat saya kemudian mencari-cari kembali provider baru yang tepat. Teman sekantor saya sempat menawari satu provider yang asing bagi saya. Awalnya karena ragu dengan provider ini, saya mulai mencari-cari info tentang provider baru tersebut. Melalui  salah satu situs internet terkenal , saya mendapatkan review bagus tentang provider baru tersebut. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk membeli sim card dari provider ter

Budgeting Keperluan Bahan Makanan dengan Yummy App

Sebagai anak kos yang memiliki budget pas-pasan, memasak sendiri menjadi pilihan utama untuk menghindari pengeluaran yang berlebih. Apalagi di tengah pandemi sekarang ini. Memasak sendiri dirasa jauh lebih sehat, bersih dan aman daripada mengkonsumsi makanan dari luar. Namun, terkadang sering kali kita kehabisan ide untuk memasak yang sesuai dengan budget kita. Beruntungnya, sekarang ada yang aplikasi yang menyediakan resep makanan yang sangat lengkap. Nama aplikasinya adalah Y ummy App .